SMP NEGERI 1 PANUMBANGAN

Jl. Raya Panumbangan No. 163 Ciamis Kode Pos 46263

AKURAT Melangkah Menyongsong Masa Depan

SOSIALISASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) KOMISARIAT 04 CIAMIS

Senin, 29 Oktober 2018 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 25 Kali

Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan MKKS 04 Kabupaten Ciamis menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penguatan Pendidikan Karakter pada satuan pendidikan (SMP) yang dilaksanakan di SMPN 1 Panumbangan Ciamis selama 3 hari dari tanggal 25 s.d 29 Oktober 2018 dengan jumlah peserta 93 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru-guru SMP Negeri dan Swasta di Komisariat 04 Ciamis.

Kegiatan ini bertujuan melaksanakan bimbingan teknis dalam rangka menyiapkan kepala sekolah dan guru SMP di Komisariat 04 Ciamis untuk lebih memahami pendidik karakter baik yang berbasis kelas, budaya sekolah, keluarga dan masyarakat, serta termasuk bagaimana pengukuran dan penilaian program PPK yang di implementasikan oleh satuan pendidikan sehingga bisa melahirkan siswa/siswi yang cerdas berkarakter. Berprestasi tetapi juga memiliki karakter yang baik.

Pada kesempatan tersebut D. Sulaeman, S.Pd., M.Pd. selaku narasumber Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menyosialisasikan Permendikbud nomer 24 tahun 2016 tentang Program dan Penguatan Pendidikan Karaktek, dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa ada Tiga pendekatan dalam PPK secara konseptual bisa dibedakan, yaitu:

  1. Pendidikan karakter berbasis kelasterbatas pada relasi antara guru dan siswa di dalam kelas dalam proses pembelajaran.
  2. Pendidikan karakter berbasis budaya sekolahmerupakan pembentukan karakter yang dilakukan melalui berbagai macam kegiatan yang melibatkan seluruh anggota komunitas sekolah, namun masih terbatas sebagai kegiatan sekolah di lingkungan sekolah. PPK berbasis budaya sekolah dilaksanakan antara lain melalui hal-hal sebagai berikut. 
  3. Menekankan pada pembiasaan nilai-nilai karakter dalam keseharian sekolah.
    b. Menonjolkan keteladanan orang dewasa di lingkungan sekolah.
    c. Melibatkan seluruh eskosistem pendidikan di sekolah.
    d. Mengembangkan dan memberi ruang yang luas pada segenap potensi peserta didik melalui kegiatan ko-kurikuler dan ekstra-kurikuler.
    e. Memberdayakan manajemen dan tata kelola sekolah.
    f. Mempertimbangkan dan mengevaluasi norma, peraturan, dan tradisi sekolah.
  4. Pendidikan karakter berbasis masyarakatadalah berbagai macam bentuk kolaborasi antara sekolah dengan pihak lain di luar lingkungan sekolah, terutama orang tua, dalam bentuk komite sekolah, atau kerjasama sekolah dengan lembaga-lembaga dan komunitas lain yang mendukung proses pembentukan karakter peserta didik.

Penguatan Pendidikan karakter merupakan platform pendidikan nasional dan jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan nasional. Karena itu, para pelaku dalam ekosistem pendidikan diharapkan dapat memahami konsep besar ini sehingga bisa melakukan sinkronisasi dan harmonisasi dengan kebijakan pemerintah berupa Penguatan Pendidikan Karakter sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. RUHIYAT, M.M.

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan segala Puja dan Puji kehadirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Pelajaran apa yang paling Anda sukai?

LIHAT HASIL